Jumat, 20 November 2015

Bisnis Mesin Cetak Karet-Karet Honda-Toyota Pun Tergerus

Karet-karet yang terpasang pada mobil produksi Honda, Suzuki, dan Toyota dicetak antara lain oleh mesin-mesin yang dijajakan Pan Stone Hydraulic Industries. Seiring gempuran ekonomi di Indonesia, maka bisnis ini pun turut terseok-seok. Dealer Honda Bandung
"Kalau produsen (produksi) sepi ya otomatis mesin juga sepi. Cuma mereka berharap pada tahun depan lah. Kondisi tahun ini sudah habis, ya tahun depanlah," kata Widjaja Laswono, dari Pan Stone Hydraulic Industries co Ltd.
Ia berharap ada stimulasi dari pemerintah untuk mengembalikan kondisi pasar otomotif di Indonesia antara lain melalui adanya kebijakan pemerintah yang bisa mendukung mereka.


Pan Stone, sendiri merupakan mesin pencetak karet kendaraan, seperti selang radiator, karet footstep motor, selang bensin, karet wiper, lis kaca mobil dan sebagainya.
"Banyak hampir 60 persen pakai yang kami punya, suplai ke Honda, Suzuki, atau Toyota," ujarnya seraya mengatakan bahwa pihaknya tidak suplai bahan, tetapi hanya mencetak karet tersebut.


Kebijakan pemerintah yang diharapkan terkait dengan kemudahan masyarakat dalam memiliki kendaraan. Dealer Honda Semarang
"Misalnya kemudahan orang membeli mobil. Sekarang saya melihat mereka ada kesulitan dalam membeli mobil, kredit, atau lainnya. Kalau mobil mudah dibeli kan otomatis industri otomotif kan bergerak," ujarnya.

3 komentar: