Rabu, 11 Maret 2015

Tampilan All-New Nissan Serena Telah Berubah Luar & Dalam

Persaingan Multi-purpose Van (MPV) – khususnya di sekitar nilai Rp 350 – 400 juta, semakin seru. Pasalnya, jika dulu di segmen tersebut hanya ada Nissan Serena, sekarang muncul penantang baru, adalah Mazda dengan Biante & terakhir yaitu Toyota dengan NAV1.

Ketiganya menjelang akhir tahun tersebut gencar melakukan sosialiasi. Nissan lebih dulu memperkenalkan Serena Gen-4 (C26) kepada wartawan Rabu lalu, meski peluncuran baru dilakukan pada Januari mendatang. Nissan Serena 2015

Perubahan

Karena loncat generasi, All-New Serena mengalami perubahan total. nggak cuma sosok luar, juga interior & mesin. Desain terbaru Serenan tersebut disebut Nissan dengan “Linear Stylish Esterior Design”, garis lurus di bahu & bagian bawah bodi.
Kendati demikian, MPV tetap menunjukkan jati dirinya, spesifik Serena lama (Gen-2 & 3), adalah bodi boxy dengan sudut-sudut nggak terlalu bulat.
Desain gril, masih garis-garis namun lebih tebal, bemper makin sporti & posisi kaca depan lebih landai. Hal ini dapat dilihat pada kaca pada pilar-A yang sekarang miring. Singkat kata, lebih moderen!
Dimensi All-New Serena juga makin besar (lihat tabel dimensi). Hasilnya, interior sekarang 300 mm lebih panjang yang menjadikan kabin semakin lega, termasuk bagasi di belakang jok baris ketiga.
Kendati NMI nggak mencantumkan bobot MPV baru, ternyataAll-New Serena lebih berat 50 kg, adalah sejak 1.5080 kg menjadi 1.630 kg. Spesifikasi Nissan Serena

Interior

Perubahan mencolok pada interior yaitu desain dasbor, khususnya panel instrumen. Panel instrumen digital berada di bagian tertinggi sejak dasbor persis sejajar dengan pandangan mata pengemudi. Nissan menyebutnya “Multi Graphic Upper Meter”. Informasi ditampilkan dengan tayangan biru & putih cerah.
Bila dilihat sejak posisi pengemudi, meteran kombinasi tersebut berada di atas lingkar setir. Kendati sangat membantu selagi melihat informasi, juga agak mengurangi pandangan ke depan (kompensasilah!)
Karena lokasi instrumen sekarang meninggi, Nissan menciptakan kotak kecil tambahan di belakang setir atau di bawah rumah panel. Fitur baru pada  MPV tersebut yaitu “Eco-Drive” yang dapat diaktifkan melalui tombol di sisi kanan setir.

Di setir, pada jari-jarin di sebelah kanan juga ada tombol-tombol curise control. Kendati demikian, pada informasi yang dibagikan kepada wartawan & juga selagi presentasi produk, fitur tersebut nggak disebutkan.
Tampilan indikator juga berubah. Speedometer memakai angka digital. Tachometer di kiri berbentuk lingkaran, sedangkan lingkaran di kanan, penunjuk konsumsi bahan bakar selagi mobil dikemudikan.

Konsol boks berjalan

Perubahan beda adalah, konsol tengah yang dapat digeser maju-mundur, mulai sejak bagian bawah dasbor sampai ke jok kedua & belakang. Konsol ini, selain dapat dimanfaatkan buat botol minimum, juga dapat dijadikan alas & sandar jok bila digeser ke belakang (jok kedua).
Fitur lain, jok baris ketiga selagi dilipat ke samping, berada di bawah kaca jendela. Nissan menyebutnya smart up third seat. Dengan tips ini, pandangan pengemudi ke belakang nggak terhalang, termasuk ke samping.
Untuk hiburan, memakai head unit 2DIN yang dapat memainkan DVD dengan layar sentuh 6 inci yang dapat dikoneksikan ke smartphone  atau gadget melalui bluetooth juga dilengkapi dengan konektor USB. Sedangkan buat penumpang belakang disediakan LCD 10 inci yang dapat dilipat ke langit-lagi bila nggak digunakan. buat mengoperasikan cukup dengan menekan tombol. Juga disediakan tombol geser AC buat penumpang belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar